Beranda | Artikel
Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebelum Tidur
Rabu, 16 Februari 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 12 Rajab 1443 H / 14 Februari 2022 M.

Kajian Tentang Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebelum Tidur

Di antara doa atau dzikir atau wirid yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk dibaca sebelum tidur adalah dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah, yaitu ayat 285 dan 286. Ini adalah dua ayat yang dianjurkan untuk dibaca dimalam hari sebelum tidur.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Mas’ud Al-Badri Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

“Dua ayat di akhir surah Al-Baqarah, barangsiapa yang membacanya pada malam hari niscaya itu sudah mencukupinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada beberapa penafsiran yang disampaikan oleh para ulama kita tentang makna ‘mencukupi’ dalam hadits ini. Ada yang mengatakan bahwa maksud ‘mencukupi’ adalah cukup sebagai pengganti shalat malam.

Penafsiran yang kedua, kata sebagian ulama bahwa maksud dari ‘sudah mencukupi’ yaitu sudah cukup untuk perlindungan dari gangguan/godaan setan.

Penafsiran yang ketiga, kata sebagian ulama bahwa maksudnya adalah sudah cukup untuk melindungi dari mara bahaya, baik itu dari binatang, pencuri atau bahaya yang lainnya.

Imam An-Nawawi Rahimahullah berkata bahwa ayat ini bisa mencukupi kita dari semua yang tadi disebutkan. Oleh karena itu sangat dahsyat membaca ayat ini sebelum tidur.

Lalu bagaimana penjelasan kandungan dari ayat ini? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebelum Tidur


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51408-membaca-dua-ayat-terakhir-surah-al-baqarah-sebelum-tidur/